Jumat, 24 Desember 2010

Kingstone VS Transcend

Saya sering ditanya oleh teman, "Bagusan mana, Kingstone atau Sandisk...?" Pada saat itu, teman saya sedang bingung dalam memilih Flashdisk yang ingin dibelinya. Pertanyaan sejenis, yang intinya membandingkan kualitas suatu merek tertentu, terkadang menuntut saya untuk melakukan uji kualitas. Seperti pada kasus di atas, saat itu saya tidak bisa menjawabnya secara ilmiah (yang dibuktikan dengan hasil praktek) karena memang saya belum pernah menguji keduanya. Saya hanya menjawabnya, bahwa sebenarnya dalam urusan teknologi, merek tidak bisa menjadi alat ukur sahih suatu teknologi dikatakan unggul, meskipun terkadang bisa juga. Menurut saya, suatu barang dikatakan unggul (bagus) bila tercapai beberapa parameter yaitu, harga yang ekonomis, kualitas yang top markotop dan layanan purna-jual yang panjang (misal pemberian garansi).

Di kesempatan ini, saya ingin membeberkan kepada Anda hasil uji yang telah saya lakukan terhadap dua merek Flashdisk yang cukup terkenal. Mungkin Kingstone sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, banyak yang tidak meragukan kualitasnya, tetapi tidak sedikit pula yang bahkan mengatakan kingstone adalah pemilik merek dengan produk flasdisk yang asal-asalan dan tidak stylis, lemot nyimpen data, dll. Sah-sah saja beberapa orang jika mengatakan seperti itu, mungkin itulah yang pernah dirasakan. Saya tidak mau latah mengatakan demikian dan tidak ingin menyebar info kurang akurat sehingga mendorong saya untuk mengujinya sendiri. 

Produk yang saya bandingkan kualitasnya adalah Flasdish kapasitas 4 GB, antara Transcend (model: JetVlash V30), dengan Kingstone (model: DTI G3).

Face-off Kingstone VS Transcend

-Transcend-
Dimensi: 60 x 18.8 x 8.6 mm
Berat: 8.5 g
Sistem operasi diperlukan: Windows 7/Vista/2000/Me, Mac OS 9.0 atau setelahnya, Linux kernel 2.4.2 atau setelahnya
Port: USB 2.0
Plug and Play (tidak membutuhkan software).

-Kingstone-
Dimensi: 65.68mm x 22.37mm x 10.66mm
Berat: 5 g
Sistem operasi diperlukan: Windows 7, Vista, XP & Mac, Compatible with Windows 7
Port: USB 2.0
Plug and Play (tidak membutuhkan software)

Saya mulai dari pemilik merek made ini Cina, Transcend. Saya menguji dengan mengcopy dan delet dalam 3 kategori. Pertama, kategori Single file. File berjenis .Dat (format VCD) sebesar 559 Mb membutuhkan waktu rata-rata 1 menit 49.2 detik, sedangkan delete file hanya dalam sekejap (sangat cepat, sulit diukur waktunya dengan metode biasa). Dengan demikian kecepatan mongcopy file flasdish ini sebesar 5.1 Mbps (megabyte per second), yah, lumayan lah :-). Kedua, gabungan dari multifile (terdiri dari gabungan beberapa jenis file) dan multifolder dalam sebuah folder. Folder ini memiliki bobot sebesar 29.8 Mb, dengan rincian: 83 files, 21 folder di dalamnya. Kecepatan copynya rata-rata sebesar 13.81 detik dan delete sebesar 4.57, adalah: copy = 2.6 Mbps, delete = 6.52 Mbps. Ketiga, folder dengan ukuran 388 Mb dengan 114 files berformat .mp3 di dalamnya. Hasilnya, lama waktu mengcopy adalah 1 menit 19.9 detik atau kecepatan = 4.9 Mbps. Dan lama waktu mendelete adalah 4.64 detik atau kecepatan = 83.6 Mbps.

Sekarang, Flasdish kita ganti. Giliran Kingstone membuktikan keunggulannya dari segi kualitas. File/folder yang saya gunakan untuk menguji Kingstone ini sama dengan yang saya pakai untuk menguji Transcend. Tanpa pembahasan panjang lebar hasilnya sebagai berikut.
Kategori pertama. Copy file = 1 menit 1.12 detik atau kecepatan copy = 9.1 Mbps, Delete file dalam sekejap.
Kategori kedua. Copy file = 10.2 detik atau kecepatan copy = 2.9 Mbps, delete file = 3.87 detik atau kecepatan delete = 7.7 Mbps.
Kategori ketiga. Copy file = 47.52 detik atau kecepatan copy = 8.2 Mbps, delete file 2.52 detik atau kecepatan delete = 154 Mbps. Wow, fantastis!!!

Dari segi keunggulan, kita bisa ringkas sebagai berikut.







Klik gambar di atas untuk memperbesar

Saya kira, Anda sudah bisa melihat yang mana yang lebih unggul dari segi kualitas. Kingstone adalah pemenangnya.

Untuk masalah harga, Kingstone lebih murah. Saya sendiri menjualnya dengan harga Rp. 85.000/unit untuk kapasitas 4 GB. Sedangkan Transcend di salah satu Toko Komputer besar di Mal Mangga Dua Jakarta dibandrol sebesar Rp. 100.000. Jelas Kingstone lebih murah.

Untuk layanan purna jual, Kingstone memberi garansi 5 tahun. Sedangkan Transend sendiri hanya memberi garansi 2 tahun. Perbedaan yang sangat jauh.

Lihat harga Kingstone

So, what is your choice?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar